Beranda > ClearOS > Install LUSCA di ClearOS 5.2

Install LUSCA di ClearOS 5.2


Tuts ini udah diuji di server Clearos 5.2, mode : Gateway & Standalone no FIrewall
Perlu diingat, simpan/backup squid.conf anda sebelum melakukan praktek, karena mungkin masih diperlukan untuk setingan delaypool.

Langkah-langkahnya :

——————-
buka putty :
——————-

yum install squid
yum remove squid          (jawab :  y)
yum remove squid          (sengaja… untuk memastikan gak ada yg tersisa)
yum install automake gcc glibc-devel e2fsprogs-devel sharutils                 (jawab : y)
tar -zxvf LUSCA_HEAD-r14809.tar.gz
cd LUSCA_HEAD-r14809
ulimit -n 8192
./configure –prefix=/usr/local/squid –exec-prefix=/usr/local/squid –enable-delay-pools –enable-cache-digests –enable-poll –enable-linux-netfilter –enable-removal-policies –with-maxfd=8192 –enable-storeio=aufs –disable-wccp –enable-x-accelerator-vary –enable-kill-parent-hack –enable-async-io=30 –disable-ident-lookups
make all && make install
cd /usr/local/squid/etc/
(cat. jika tunning.conf gagal didonlot, bisa copy semua isi dari ini, lalu paste ke notepad, simpan dengan nama : tunning.conf, lalu copykan ke /usr/local/squid/etc/ , gunakan winscp)

———————-
buka winscp :
———————-
masuk ke folder/directory : /usr/local/squid/etc/

ganti nama file : storeurl.pl.conf menjadi storeurl.pl (klik kanan rename)

hapus file : squid.conf (atau ganti dg nama lain)
ganti nama file : squid.conf.1 menjadi squid.conf

buka file squid.conf, untuk melakukan pengeditan.

tambahkan tanda # didepan baris offline_mode on (hasilnya : #offline_mode on)

menyesuaikan IP, cari baris perintah berikut :
acl localnet src 10.0.2.0/24 # RFC1918 possible internal network
ganti dg ip LAN kita, contoh : 10.0.2.0/24 ganti dengan 192.168.2.0/24)
ganti juga ip 10.0.2.0/24 yg berada dikelompok delaypool (digulung/scroll kebawah sampai mentok)
ganti dengan IP LAN kita tadi.

——————————–
kembali lagi ke…… PUTTY :
——————————–

cd /usr/local/squid/etc/

rm -rf /cache1/

mkdir /cache1

chown squid:squid /cache1

chmod 777 squid.conf tunning.conf storeurl.pl

/usr/local/squid/sbin/squid -k parse

/usr/local/squid/sbin/squid -z

/usr/local/squid/sbin/squid -NDd1 &

jika tampil tulisan : Finished rebuilding storage from disk. dst…
hingga tulisan : storeLateRelease: released 0 objects.
artinya LUSCA telah berhasil di tanamkan di Server anda.

tekan Ctrl + C untuk kembali ke prompt

——————————————–
kembali lagi ke… WINSCP :
—————————————————–

  • masuk ke direktori /etc/rc.d
  • buka file : rc.local
  • hapus semua dan gantikan dengan script dibawah ini:

#!/bin/sh
#
# This script will be executed *after* all the other init scripts.
# You can put your own initialization stuff in here if you don’t
# want to do the full Sys V style init stuff.
touch /var/lock/subsys/local
/usr/local/squid/sbin/squid -NDd1 &
# This file is executed by the firewall on stop/start/restart.

  • Simpan, tutup.

———————–
kemudian (next) :
———————–

  • Masuk ke folder : /etc
  • Buka file : firewall
  • Cari baris berikut :

# Squid configuration
#————————–
SQUID_TRANSPARENT=”” ( ganti menjadi ) SQUID_TRANSPARENT=”on”
SQUID_FILTER_PORT=”” ( ganti menjadi ) SQUID_FILTER_PORT=”3128″

  • Simpan, tutup.

NB :   Jika mengikuti tuts diatas masih gagal, coba anda edit squid.conf untuk baris :
storeurl_rewrite_children 0 diganti 1
storeurl_rewrite_concurrency 0 diganti 75
ganti angkanya…
karena ternyata beda mesin beda hasil

Iklan
Kategori:ClearOS
  1. joe
    3 Januari 2013 pukul 4:34 PM

    bro… gua udah ikutin semua config disini.. tapi kok tetep ga bisa yah… ini config untuk lusca squid kan ???
    selalu muncul Please enable the proxy server settings with following values: di web browser ku 😦 , salah dimana yah kira2 bos… bisa bantuin ?? kalau boleh tolong email ke saya dong gan..klo saya buka google.co.id jd kyk di bawah ini…mohon pencerahanya gan…makasih sebelumna telah berbagi ilmu

    An error occurred during a connection to http://www.google.co.id.

    SSL received a record that exceeded the maximum permissible length.

    (Error code: ssl_error_rx_record_too_long)

    untuk di browsernya udah saya masukin ip beserta portna…di setingan proxynya udah saya rubah biar lari ke ip roxy…oia gan saya make server standalone maksudnya biar nanti saya ubah ipnya lari ke mikrotik…sementara setara sama jaringan lokal…

    • 12 Januari 2013 pukul 10:44 AM

      Firewall nya jangan di on coba gan…
      SQUID_TRANSPARENT=”off”
      SQUID_FILTER_PORT=” “

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: